Cantiknya Omset Tanaman Hias

Doc. Image Tapak Blogger

Bogor - Minggu (16/02/20) Tanaman hias - Dalam segi kebutuhannya tanaman hias kian banyak diburu masyarakat untuk dijadikan sebagai hiasan pelengkap halaman rumah maupun taman. Baik dirumah rumah pribadi bahkan gedung gedung bertingkat yang memiliki area garden.

Doc. Image Tapak Blogger

Menopang banyaknya kebutuhan akan tanaman hias. Sebut saja Away, pengusaha tanaman hias asal Bogor yang memproduksi berbagai macam tanaman hias.

Dibantu kakaknya, Away mampu memproduksi sekiranya 1.000 tanaman bibit dalam sehari tergantung pesanan. Biasanya para pelanggan kebanyakan berasal dari partai besar seperti unit pemborong dari proyek perumahan serta proyek para pedagang / pengecer.

Tak jarang pula pesanan juga berasal dari perorangan yang mencari berbagai jenis tanaman hias sebagai koleksi dirumah. 

Doc. Image Tapak Blogger

Jatuh bangun bisnis dan usaha ia lalui dan pantang menyerah ia junjung tinggi. Kini usaha tanaman hias yang dirintisnya perlahan dapat membiayai kebutuhannya. Besar pendapatan tergantung musim pesanan, untuk memesan dalam skala besar (pemborong) tanaman hias harus dibooking dari jauh jauh rentang waktu tergantung target panen dari jenis bibit tanaman hias. Keuntungan yang ia peroleh cukup memuaskan mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah tergantung  banyaknya pesanan.

"Sebenarnya usaha apapun kalau kita 'leukeun' dan Sabar itu pasti ada jalan !," ujar Away dalam wawancara redaksi sore itu.

Doc. Image Tapak Blogger

Untuk pembibitan, biasanya Away memperoleh dan membeli bibit bibit tanaman hias mulai dari temannya yang sudah lebih awal merintis usaha tanaman hias, taman taman maupun rumah rumah orang pribadi yang punya tanaman tertentu untuk dikembangbiakkan dengan cara dioven.

Pengovenan dilakukan dengan cara Setek pucuk atau batang pada pohon tanaman hias kemudian dibuatkan media tanam berupa polybag berukuran kecil atau bisa langsung ditancapkan ke tanah yang sudah digemburkan dan selanjutnya bibit setek ditutup dengan plastik terpal agar terhindar dari hama dan gangguan ayam peliharaan yang acapkali mengacak acak tanamannya.

Doc. Image Tapak Blogger
Tanaman hias yang dikembangbiakkan olehnya menggunakan campuran pupuk kandang dan skam, tanaman yang menggunakan media ini biasanya jenis Brokoli, Puring, Saberna dan sejenisnya.

Menurutnya, pemupukan dengan media pupuk kandang berupa kotoran ayam yang dicampur dengan Skam (sisa gilingan kulit padi) yang baik itu tidak boleh langsung digunakan, karena sifatnya yang masih panas. Untuk itu harus didiamkan (didinginkan) dengan kurun waktu tertentu. 

Agar hasil pemupukkan lebih baik lagi, ia juga menambahkan beberapa kotoran kambing dengan perbandingan 1:2 pupuk kandang dan Skam jika tanaman hias akan dipindahkan ke media tanam yang lebih besar.

Doc. Image Tapak Blogger

Untuk menunjang ketersediaan stok tanaman, Away juga menyisihkan beberapa tanaman hias untuk dijadikan bibit kembali dan juga sebagai penunjang jika ada pesanan individu skala kecil.

Harapannya dengan usaha tanaman hias ini dapat menghidupi ekonomi di wilayah tempat tinggal nya.

Berbagi itu indah, Share jika artikel ini bermanfaat !
Salam Bisnis  ~  Tapak Blogger



Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cantiknya Omset Tanaman Hias "

Toro mengatakan...

Infomasi yg bermanfaat jangan lupa mampir di blog saya om

Administrator mengatakan...

Terimakasih atas kunjungannya

Unknown mengatakan...

Mantap,, sangat informatif dan bermanfaat

Saidah mengatakan...

Lumayan juga ternyata,, penghasilan nya

Tobing mengatakan...

Sangat Inspiratif

Zatnika mengatakan...

Wah, ternyata tanaman hias memiliki omset yang sangat tinggi ya.

Berlangganan